Wednesday, February 10, 2016

Jelajah Pasar Apung Sentul Bogor


Satu lagi tempat wisata baru sebagai sarana rekreasi keluarga yang membawa anak-anak di wilayah Sentul Selatan Bogor bernama pasar apung Ah Poong Ekopark. Konsep dasar taman air ini adalah memberikan pengalaman seru untuk mencicipi makanan sebagai salah satu lokasi kuliner di Bogoryang unik. Trend mengisi akhir pekan dengan menawarkan pengalaman bermain sampan (perahu) bersama keluarga maupun sahabat di floating market buatan. Anda tertarik mengunjunginya? Silakan baca panduan ini sebelum datang ke sana.


credited to indonesiawow

Akses dan Lokasi

Pasar Apung di Sentul ini berada di dekat pintu Tol Sentul Selatan 1. Saat anda keluar dari jalan tol tersebut, sudah ada petunjuk yang jelas menuju Ah Poong. Wisata Baru di Bogor ini cukup ditempuh dengan jarak 1 kilometer saja dari pintu tol tersebut (Sentul City), dan berada di bagian depan perumahan mewah tersebut. Jika anda datang dari kota Bogor, lokasinya berada di sebelah kiri jalan tol Jagorawi, sedangkan jika anda datang dari Jakarta, maka lokasinya berkebalikan. Sangat mudah tempat ini dan rasanya, tidak mungkin salah jalan karena petunjuk yang lengkap di pinggir jalan.
Serunya Pasar Apung Ah Poong

Floating market baru di Indonesia ini cukup seru untuk dikunjungi. Lokasi parkir yang luas bagi pemilik mobil dan kendaraan akan menambah rasa nyaman anda dan keluarga melakukan rekreasi di sini. Saat masuk pertama kali, anda pasti tergoda untuk berfoto di jembatan yang digunakan sebagai gerbang masuk. Ada dua jembatan yang bisa anda gunakan, yaitu jembatan beton biasa maupun jembatan gantung yang terbuat dari kayu, yang sering digunakan untuk uji adrenalin karena bergoyang. Biasanya anak-anak tertarik untuk melewati yang kedua, yang walaupun terbuat dari kayu, tetapi cukup kokoh dan aman.

Ah Poong Sentul City

Setelah melewati jembatan di pintu masukpasar apung Ah Poong, maka anda langsung melihat deretan makanan khas yang dijual oleh beberapa resto (tenant). Saran terbaik bagi anda dan keluarga adalah cari tempat duduk dulu. Karena floating market ini cukup ramai dikunjungi saat akhir pekan dan hari libur. Jika berkunjung ke Ah Poong Sentul ini, anda tidak dikenakan cover charge, alias tiket masuk gratis. Bagi yang datang bersama kekasih, cobalah datang di sore hari karena suasananya cukup romantis.

Setelah memperoleh meja, kegiatan pertama kali yang sebaiknya anda lakukan adalah mendatangi danau buatan di belakang dan naik perahu dayung. Anak-anak pasti suka karena selain sebagai petuangan seru bagi mereka, kegiatan bersampan di pasar apung Ah Poong ini juga dilengkapi dengan memberi makan ikan yang ada di danau. Silakan anda membeli pelet ikan (makanan ikan) yang dijualn seharga Rp. 10.000 per bungkus. Sedangkan untuk sewa perahunya, silakan beri uang seiklasnya saja. Saat saya datang ke Pasar Apung Bogor ini, diberitahu oleh teman bahwa sewajarnya anda membayar sewa perahu (sampan) sebesar Rp. 10.000 per orang. Tetapi ini hanyalah kisaran saja, karena anda diperbolehkan memberi lebih kepada tukang perahu di Ah Poong ini.

Setelah puas bersampan bersama keluarga maupun kekasih, barulah anda mencicipi kuliner yang tersedia. Anda dapat mencicipi makanan lezat yang dijual di sana dengan tarif Rp. 2500 – Rp. 50.000 per makanan. Kuliner yang patut anda coba di sini adalah es durian yang lezat. Bisa dikatakan cukup murah, bukan? Jika anda telah merasa kenyang, silakan tinggalkan meja dan pulang.

Sebelum anda menuju ke parkir kendaraan, sebaiknya sempatkan diri untuk bermain di aliran sungai yang ada di danau buatan di depan pasar apung Ah Poong ini. Air yang dingin terasa sangat menyenangkan saat menyentuh permukaan kulit anda. Biasanya, anak kecil enggan beranjak jika sudah bermain air di sungai buatan di floating market Bogor ini. Selama mereka dalam pengawasan anda, rasanya tidak ada yang perlu dikuatirkan saat mereka bermain di sana.

Memang, lokasi tempat kuliner ini tidak sebesar pasar apung yang merupakan obyek wisata baru di Lembang. Tetapi keseruan yang ditawarkan Pasar Ah Poong Bogor ini tidak kalah dengan yang di sana. Apalagi lokasinya sangat strategis dan dekat dengan kota Jakarta. Jangan membayangkan bahwa anda akan mencicipi makanan di resto terapung jika datang ke sini, karena hal itu tidak terjadi. Kesannya saja yang mirip. Karena diapit dua danau buatan yang cantik.

0 comments:

Post a Comment

 

Indonesian Explorer © 2015 - Designed by Templateism, Plugins By MyBloggerLab.com